Jumat, 15 Mei 2015

INILAH KONDISI CANDI KEBOIRENG


Gempol PULUNG POST - Candi adalah sebuah bangunan termpat beribadah agama Hindu dan Budha pada zaman kerajaan dahulu kala. Apalagi di wilayah Kecamatan Gempol adalah termasuk wilayah kerajaan Majapahit. Ini dibuktikan bagitu banyaknya candi atau situs peninggalan Kerajaan Majapahit. Candi atau situs ini memang perlu dipelihara, agar kedepannya bisa kita perkenalkan kepada anak cucu kita. Sehingga mereka tahu sejarah kuno bangsa Indonesia.

Seperti Candi Keboireng ini, yang terletak di dusun Keboireng, desa Ngerong, Gempol, Pasuruan. Candi ini sudah tidak utuh lagi saat ditemukan pada tahun 1984 oleh seorang ahli arkeolog dari Jogjakarta. Menurut Pawiji seorang jupel di candi ini mengatakan bahwa, tempat ini dahulunya adalah pekarangan yang ditumbuhi banyak pohon bambu dan ditengah-tengah candi tumbuh sebuah pohon kemuning. Candi ini tertimbun tanah sampai atas, sehingga tidak terlihat bangunan candi. Dahulunya banyak relif-relif yang berserakan di sekeliling pekarangan ini, diduga disini terdapat sebuah bangunan candi. Dari situlah akhirnya candi ini di ketemukan dan sampai saat ini dilestarikan. (dndg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"PKS MENYAPA" BAGI-BAGI SAYUR DI KEPULUNGAN

Gempol, pulungpost - PKS MENYAPA adalah kegiatan yang dikerjakan oleh PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) yang banyak mendapat samb...