Jumat, 10 Februari 2023

MENGENAL IMAN YANG DIAJARKAN ROSULULLAH


Pasuruan, pasuruantoday - Ada seseorang yang mendatangi Rosulullah saw yang kemudian ia berbicara "kabarkanlah kepadaku tentang iman".

Rosululloh SAW menjawab "hendaknya engkau beriman kepada Allah, dan para malaikatnya, dan kitab-kitabnya, dan utusan-utusannya, dan hari akhir, dan hendaknya engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk". Kemudian orang tadi berkata "engkau benar" (HR. Bukhori dan Muslim) 

Disini kita mengetahui tentang rukun iman yang sudah seharusnya kita jaga. Janganlah menukar keimanan kita dengan kenikmatan dunia sesaat. Beriman kepada Allah itu artinya kita percaya bahwa Allah adalah Tuhan yang maha esa. Yang menciptakan langit dan bumi. Yang menguasai segenap alam. 

Percaya kepada para malaikat Allah, yang termasuk didalamnya ada 10 malaikat yang diketahui. Yaitu malaikat Jibril, Mikail, Isrofil, Izro'il, Mungkar, Nakir, Rotib, Atit, Ridwan dan Malik. Meskipun begitu masih banyak lagi maikat yang tidak diketahui namanya. 

Percaya dengan kitab-kitab Allah yang jumlah keseluruhan ada 104 kitab. Nabi Adam as 10 kitab, Nabi Syists as 50 kitab, Nabi Idris as 30 kitab, Nabi Ibrahim as 10 kitab, Nabi Dawud as 1 kitab Zabur, Nabi Musa 1 kitab Taurat, Nabi Isa Al Masih as 1 kitab Injil dan Nabi Muhammad SAW 1 kitab Al Qur'an. 

Percaya dengan utusan-utusan Alloh, termasuk 25 Nabi dan Rosul. Yang terakhir adalah Nabi Muhammad SAW, nabi penutup diakhir zaman. 

Percaya kepada hari akhir, yaitu hari kiamat. Yang dimana tidak kita ketahui kapan datangnya hari itu. Dan yang terakhir percaya kepada takdir. Baik itu takdir yang baik maupun takdir yang buruk. (dndg) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"PKS MENYAPA" BAGI-BAGI SAYUR DI KEPULUNGAN

Gempol, pulungpost - PKS MENYAPA adalah kegiatan yang dikerjakan oleh PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) yang banyak mendapat samb...