Kamis, 21 Mei 2015

DESA WONOSUNYO LAYAK DISEBUT DESA BUDAYA


Gempol, PULUNG POST - Sebuah desa yang jauh dari keramaian kota dan terletak di lerang Gunung Penanggungan. Desa tersebut berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto, yaitu desa Wonosunyo, Gempol, Pasuruan. Desa ini dipimpin oleh seorang Kepala Desa yaitu Saleh. Saleh telah menjabat sebagai Kepala Desa sudah hampir satu tahun. Desa ini mempunyai 6 dusun, yaitu Wonosunyo 1, Wonosunyo 2, Betro, Badut, Belahan Jowo dan Belahan Nongko.

Di Dusun Belahan Jowo terdapat situs pentirtaan peninggalan Prabu Airlangga, yang terkenal dengan nama Candi Belahan atau Sumber Tetek. Candi Belahan ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik itu siang maupun malam. Dengan adanya Candi Belahan ini, sudah selayaknya desa Wonosunyo disebut sebagai desa budaya. Karena dari candi ini kita bisa mempelajari sejarah Prabu Airlangga dan sejarah tersebut bisa didapat dari seorang jupel yang bernama Aliyas. (dndg) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"PKS MENYAPA" BAGI-BAGI SAYUR DI KEPULUNGAN

Gempol, pulungpost - PKS MENYAPA adalah kegiatan yang dikerjakan oleh PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) yang banyak mendapat samb...