Rabu, 20 Mei 2015

PRASASTI CUNGGRANG PENINGGALAN MPU SINDOK


Gempol, PULUNG POST - Pengertian prasasti menurut ahli sejarah yaitu sebuah piagam atau dokumen yang sengaja ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama. Penemuan prasasti dari sejumlah situs arkeologi adalah menandai berakhirnya pra sejarah kuno, dimana adegan dari sejarah kuno di Indonesia yang masyarakatnya tidak mengenal dengan tulis menulis, ke era sejarah yang masyarakatnya sudah mengenal tulis menulis.

Seperti pada Prasasti Cunggrang ini yang terletak di dusun Sukci, desa Bulusari, Gempol, Pasuruan adalah sebuah prasasti peninggalan Mpu Sindok pada tahun 851 saka atau 929 masehi. Menurut Mistari seorang jupel di prasasti ini mengatakan bahwa, prasasti ini menceritakan daerah sima atau daerah bebas pajak dan itu tidak boleh di usik. Di dalam area prasasti ini ada sebuah makam Mbah Brojo. Diduga Mbah Brojo ini ada kaitannya dengan prasasti ini. Prasasti Cunggrang ditulis pada sebuah batu besar dan ditulis dengan huruf Jawa kuno. (dndg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"PKS MENYAPA" BAGI-BAGI SAYUR DI KEPULUNGAN

Gempol, pulungpost - PKS MENYAPA adalah kegiatan yang dikerjakan oleh PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) yang banyak mendapat samb...