Jumat, 18 September 2015

MENGENANG ALUN-ALUN CONTONG SURABAYA

Gempol, PULUNG POST. Mengenang sejarah tempo dulu memang sangat menyenangkan dan sudah pasti menambah pengetahuan kita. Apalagi tentang sejarah diseputar kita, tentu lebih menyenangkan lagi. Seperti halnya di Kota Surabaya. Di kota ini memang penuh dengan sejarah, salah satunya adalah Alun-alun Contong. Alun-alun Contong ini terletak tidak jauh dari pertemuan kedua jalan, yakni Jalan Pahlawan dan Jalan Kramat Gantung. Dahulunya kawasan ini merupakan pangkalan dokar dengan sebuah tugu putih berdiri tegak ditengah Alun-alun Contong. Mengenai tugu putih ini dibangun bertujuan untuk mengenang seorang warga negara Jerman yang berjasa kepada Belanda.

Pada tahun 1889 lapangan yang berbentuk kerucut ini diberi nama Von Bultzingslowenplein. Nama tersebut diambil dari nama Gunther Von Bultzingslowen (1839-1889), yaitu bekas konsul Jerman di Surabaya yang berjasa terhadap Palang Merah di Perang Aceh I (1873-1874). Sekarang tugu ini sudah tidak ada, menurut informasi via chat dengan Oliver Johanes, penulis "djawa tempo doeloe", tugu ini masih berdiri pada tahun 1960. (dndg)

(Sumber : www.roodebrugsoerabaia.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"PKS MENYAPA" BAGI-BAGI SAYUR DI KEPULUNGAN

Gempol, pulungpost - PKS MENYAPA adalah kegiatan yang dikerjakan oleh PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) yang banyak mendapat samb...