Kamis, 14 Mei 2015

CANDI BELAHAN RAMAI PENGUNJUNG


Gempol, PULUNG POST - Candi Belahan (Sumber Tetek) adalah sebuah situs peninggalan Prabu Airlangga yang terletak di dusun Belahan Jowo, desa Wonosunyo, Gempol, Pasuruan. Masyarakat lebih umum menyebutnya dengan kata candi, bukan situs. Di candi ini terdapat dua patung wanita istri Prabu Airlangga, yaitu Dewi Laksmi dan Dewi Sri. Dari salah satu patung tersebut mengeluarkan air dari buah dadanya. Air tersebut ditampung dalam kolam persegi empat dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mandi. mencuci dan sebagainya.

Di candi ini ada seorang jupel (Juru Pelihara) yang bernama Aliyas. Tugas dia disini adalah untuk merawat candi dan membersihkan halaman candi. Pengunjung Candi Balahan ini bisa mencapai 200 orang pada hari minggu. Bahkan masyarakat dari luar daerah ada yang melakukan ritual di candi ini pada malam hari. Menurut keterangan Imam warga desa Jerukpurut, Gempol, Pasuruan mengatakan pengunjung di sini bisa sampai subuh masih ramai. (dndg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"PKS MENYAPA" BAGI-BAGI SAYUR DI KEPULUNGAN

Gempol, pulungpost - PKS MENYAPA adalah kegiatan yang dikerjakan oleh PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) yang banyak mendapat samb...