Rabu, 24 Februari 2016

CANDI BELAHAN TERANGKAT SEBAGAI CANDI UNGGULAN DI KABUPATEN PASURUAN


Gempol, PULUNG POST. Candi Belahan atau yang dikenal sebagai Patung Tetek adalah sebuah candi peninggalan Prabu Airlangga. Candi tersebut terletak di lereng gunung Penanggungan, tepatnya di Dusun Belahan Jowo, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Jarak Dusun Belahan Jowo ke jalan raya Surabaya - Malang adalah 5 kilometer yang harus ditempuh naik gunung. Sedangkan jalan menuju ke sana beraspal, sehingga bisa dilalui mobil dan sepeda motor. 

Keunikan dari Candi Belahan ini yaitu terdapat dua patung putri selir dari Prabu Airlangga yang salah satu patung tersebut mengeluarkan air dari buah dadanya. Air tersebut tertampung didalam kolam, sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga setempat maupun pengunjung. Aliyas seorang juru pelihara candi tersebut mengatakan bahwa, pengunjung candi ini banyak sekali terutama pada malam hari. Seperti malam jum'at kliwon, malam jum'at legi dan malam bulan purnama mereka melakukan ritual sesuai dengan permintaan mereka sendiri-sendiri. Dalam sehari semalam jumlahnya bisa mencapai 200 orang.

Tidak hanya itu saja, di Candi Belahan ini untuk tiap tahunnya diadakan ruwah dusun oleh Kades Saleh. Acara tersebut sangat meriah dan dilaksanakan pada waktu siang hari, bulan Oktober 2015 tahun yang lalu. Dalam sambutannya Kades Saleh mangatakan sangat berterima kasih sekali kepada warga Desa Wonosunyo yang sangat mendukung acara ruwah dusun ini. 

Candi Belahan ini juga telah ditetapkan sebagai candi unggulan di wilayah Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Tidak heran bila candi tersebut ditetapkan sebagai candi unggulan dikarenakan begitu banyaknya pengunjung setiap harinya. Acara ruwah dusun ini memang perlu dilestarikan sebagai tradisi masyarakat Desa Wonosunyo dan sebagai cagar budaya. (dndg)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"PKS MENYAPA" BAGI-BAGI SAYUR DI KEPULUNGAN

Gempol, pulungpost - PKS MENYAPA adalah kegiatan yang dikerjakan oleh PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) yang banyak mendapat samb...