Sabtu, 13 Februari 2016

KYAI ABDUL HAMID PENDIRI "MADIN ROUDLOTUL HAMDI" DI REMBANG


Rembang, PULUNG POST. Pendidikan agama Islam memang harus diajarkan kepada anak cucu kita, agar mereka nantinya  memiliki bekal ilmu untuk kehidupan di dunia dan di akhirat. Begitu pentingnya pendidikan agama ini, sehingga para ulama berjuang untuk terus menerus mengajar kepada anak-anak dan masyarakat, seperti halnya di Rembang, Kabupaten Pasuruan.

Seorang ulama besar Kyai Abdul Hamid telah memulai dakwahnya dari satu daerah ke daerah lainnya pada tahun 1922. Dalam dakwahnya itu beliau disambut masyarakat Rembang dengan baik dan menjadi contoh suri tauladan. Suatu ketika beliau kemudian mendapat rekomendasi dari guru beliau sendiri yaitu KH. Abdurrosyid untuk mendirikan “Madrasah Diniyah Roudlotul Hamdi” di Rembang. Untuk melancarkan dakwahnya, KH. Abdurrosyid menjodohkan Kyai Abdul Hamid dan dianjurkan menetap di Dusun Rembang 3, Desa Rembang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan.  Disitulah Kyai Abdul Hamid membuka majelis taklim dan mendirikan “Madrasah Diniyah Roudlotul Hamdi” pada tahun 1956. Dari sinilah cikal bakal pendidikan formal berkembang hingga saat ini.

Profil Madrasah Diniyah Roudlotul Hamdi
Madrasah Diniyah Roudlotul Hamdi berdiri di atas tanah seluas 1.888 m2 yang tepatnya di Jalan Raya Rembang, Kabupaten Pasuruan dan dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah Zainul Arifin. Jumlah siswa pada tahun 2016 ini adalah 171 siswa, terdiri dari 91 siswa  dan 81 siswi. Prestasi yang pernah di raih madrasah ini antara lain juara 1 Tartil Al-Qur’an juz 30 se Kabupaten Pasuruan tahun 2014. Juara 2 Tahsinul Khot se KKMD Rembang tahun 2014 dan 2015.

Mengenai dana opersional dan perawatan madrasah ini di dapat dari dana BOS, sedangkan jumlah guru ada 11 orang. Mengenai ruang kelas 1 sampai dengan kelas 4 dalam kondisi baik, ruang kelas 5 dalam kondisi rusak ringan dan ruang kelas 6 dalam kondisi rusak ringan. Untuk bangunan atau ruang lain, 1 unit bangunan berlantai 2 dalam kondisi baik dan 1 unit bangunan dengan kondisi rusak safang. (qmr/dndg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"PKS MENYAPA" BAGI-BAGI SAYUR DI KEPULUNGAN

Gempol, pulungpost - PKS MENYAPA adalah kegiatan yang dikerjakan oleh PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) yang banyak mendapat samb...