Minggu, 06 Maret 2016

LAGI-LAGI FESTIVAL DURIAN KAKAP DIGELAR DI PASURUAN


Pasuruan, PULUNG POST. Untuk yang kesekian kalinya, Pemerintah Kabupaten Pasuruan kembali menggelar Bursa Durian Kakap (Khas Kabupaten Pasuruan) Harga Petani 2016, di Halaman Sentra Produk Unggulan Kabupaten Pasuruan, Sabtu (05/03).
Bahkan, gelaran tahun ini jauh lebih berwarna, yakni adanya peresmian beberapa bangunan yang ada di Sentra Produk Unggulan, yakni Sentra UKM, Sentra Kuliner, Musholla Baytul Maslahat, Kantor Sekretariat Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Pasuruan, serta peresmian Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Gempol. Selain itu, ada juga Festival Olahan Cipta Menu Berbahan Dasar Durian yang diselenggarakan oleh Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian, Lomba Desain Kaos dan Gantungan Kunci Khas Kabupaten Pasuruan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan, perform Musik Padang Howo serta band-band kenamaan Kabupaten Pasuruan.
Abdul Munif, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Pasuruan mengatakan, bursa durian kakap ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yakni sabtu dan minggu (05-06 Maret 2016), di mana setiap hari ada 8000 buah durian yang sengaja dihadirkan untuk dapat dibeli para pecinta durian dengan harga petani.
“Daripada jauh-jauh ke kebunnya, maka selama dua hari ini semua durian dari seluruh kecamatan penghasil durian, kita datangkan di sini, dan harganya kami jamin sangat murah,” kata Munif di sela-sela acara.
Kecamatan penghasil durian yang dimaksud adalah 8 wilayah di Kabupaten Pasuruan yang wilayahnya banyak tertanam pohon durian, seperti Kecamatan Lumbang, Puspo, Tutur, Pasrepan, Purwodadi, Purwosari, Prigen dan Kecamatan Sukorejo. Kata Munif, 100 pembeli buah durian pertama mendapatkan bonus durian sesuai dengan jumlah durian yang dibeli.
“Mulai awal kita buka, kita sudah menyampaikan bahwa 100 pembeli pertama akan dapat bonus durian. Beli satu bonus satu durian, dan ini adalah apresiasi yang diberikan Pemkab Pasuruan untuk para pengunjung yang datang ke acara ini,” imbuhnya.
Di sisi lain, Bursa Durian kakap diserbu oleh ribuan pengunjung yang notabene adalah para pecinta buah berduri ini. Selain warga Pasuruan, banyak juga yang rela jauh-jauh dari daerah lain, hanya untuk dapat menikmati durian asli Kabupaten Pasuruan. Salah satunya adalah Richo Yudha (27), salah satu warga Surabaya yang memborong 25 durian jenis “Si Kasmin” yang merupakan ikon durian dari Kecamatan Lumbang. “Rasanya manis banget, trus dagingnya juga tebal dan warnanya kuning, jadi cocok sekali di lidah. Kebetulan sekeluarga penyuka durian, jadi mumpung harganya murah, sekalian makan sampai kenyang pulangnya borong 25 durian,” ungkap Richo.
Sementara itu, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf juga tak mau kalah untuk bisa menikmati buah durian khas Kabupaten Pasuruan. Tak sendirian, Irsyad juga didampingi Wakil Bupati Pasuruan, Riang Kulup Prayudha, Sekda Agus Sutiadji, Ketua Komisi II DPRD Andri Wahyudi, Ketua PN Bangil, Eddy Soeprayitno, Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Sugiyatmono, Kapolres Pasuruan, AKBP Soelistijono, Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Jong Ferrrydjon, serta anggota Forpimda lainnya.
“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pengunjung yang begitu ramai datang ke Festival Durian Kakap ini. Kami pastikan durian-durian ini adalah durian terbaik di Kabupaten Pasuruan, dan saya ucapkan selamat menikmati dua hari penuh durian,” ucap Irsyad dalam sambutannya.
Irsyad sendiri menegaskan akan menjadikan Festival Durian Kakap menjadi agenda pariwisata tahunan. Tujuannya tak lain hanya untuk mempromosikan potensi buah durian yang menjadi salah satu ikon buah Khas Kabupaten Pasuruan.
“Dua tahun berturut-turut sudah kita gelar. Setiap tahunnya akan selalu kita agendakan, sehingga para penikmat durian dari manapun akan datang ke Kabupaten Pasuruan,” tegasnya.
Lebih lanjut Irsyad menambahkan, Festival Durian Kakap adalah salah satu upaya untuk bisa mempromosikan potensi buah-buahan yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Pasuruan. Selain durian, ada beberapa jenis produk holtikultura yang menjadi kebanggan Kabupaten Pasuruan, yakni Kapiten (Kopi Asli Kabupaten Pasuruan), Mangga Gadung Klonal 21 dan Garifta, Apel Pagi (Apel Pasuruan Manalagi), srikaya, salak, duku, strawberry, bunga krisan serta sedap malam.

“Kita akan terus membrending semua potensi holtikultura yang ada di Kabupaten Pasuruan. Kita akan terus melakukan promosi besar-besaran baik melalui pameran lokal, nasional, dan bahkan internasional. Harapannya agar Kabupaten Pasuruan lebih dikenal lagi sebagai gudangnya semua potensi, khususnya potensi pertanian secara luas, pariwisata, investasi, perekonomian maupun peningkatan pelayanan publik,” terang pria yang juga adik kandung Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf itu. (emil)

Sumber : Suara Pasuruan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"PKS MENYAPA" BAGI-BAGI SAYUR DI KEPULUNGAN

Gempol, pulungpost - PKS MENYAPA adalah kegiatan yang dikerjakan oleh PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) yang banyak mendapat samb...